Saturday, May 14, 2011

Tentang saya, kebutaan saya akan arah, dan kesotoyan saya

Pindahan dari http://ratugalak.wordpress.com/. Akhirnya blogspot sembuh juga.

Saya ini buta arah, tapi saya gak mau mengakui kebutaan saya akan arah tersebut *blushing*. Alhasil, saya, dan kasihannya orang-orang sekitar menjadi keblondrok akan kebutaan saya ini.

Tinjau sampel 1:

Saya baru sebulan di Semarang. Belum banyak jalan-jalan dan rute angkot yang saya tahu. Tapi kalau cuma jalan dan rute angkot dari kost ke Simpang Lima mah saya sudah khatam, yakin gak salah. Saya tau mesti naik angkot yang mana, turun di mana, terus ganti angkot yang mana lagi buat ke simpang 5 (FYI, kalo naik angkot, dari Tembalang ke simpang 5 itu naiknya 3 macam angkot. Alternatif lain, naik angkot ke ngesrep sekali, trus naik bis).

Nah, ceritanya, saya janjian sama temen-temen mu nonton di mall Simpang 5. Kebetulan saya berangkat sendirian dari kost saya di Tembalang. Dari Tembalang naik angkot ke Ngesrep. Selamat. Terus dari Ngesrep naik angkot ke … Nah ini, nama tempatnya saya lupa, pokoknya kalo di tempat itu angkot pasti berhenti dan saya pasti inget kalo ngeliat tempatnya. Pokoknya ada ng ng ng gitu. Saya naik angkot dari Ngesrep, turun di tempat yang ng ng ng tadi. Selamat. 100% yakin turun di tempat yang tepat, tinggal nunggu angkot yang ke Citraland Simpang 5.

Pas lagi nunggu, salah satu teman saya nelepon. Nanya saya ada di mana. Temen saya ini asli Semarang. Dia sebenarnya dah nawarin untuk jemput saya dari Tembalang karena takut saya nyasar. Tapi sayanya nolak dengan alasan ogah ngerepotin. Dasar saya sotoy, males nanya juga, dengan pede saya jawab, “Lagi di Mangkang. Tunggu aja, tinggal sekali lagi naik angkot. 10 menitan nyampe”. Teman saya: $#%&@*&%$ (Panik). FYI, Mangkang dan tempat gue berdiri itu ada di dua penjuru yang berbeda dari Simpang Lima. Dan kalau saya dari Tembalang ada di Mangkang mau ke Simpang Lima, itu sudah jelas saya nyasar, jauuuhhh. Kurang dari sepuluh menit, saya nongol di tempat janjian. Teman saya langsung melukin saya. Belakangan baru saya tau, kalau tempat saya nunggu angkot tadi tuh namanya Bangkong (semoga ini nama yang bener).

Sampel 2:

Saya dan keluarga main ke negeri seberang. Rencananya mau backpackeran, ‘gak ikut tur travel seperti biasa. Rencananya, mau jalan kaki dari Kampung Melayu or Kampong Glam (bukan yang di Jakarta loh) terus ke Chinatown. Kalau liat dari peta (belum kenal android dan google map), cuma 1 kiloan aja. Paling 15-20 menit. Cincai lah, sambil cuci mata juga.

Perjalanan pun dimulai. Masing-masing orang udah pegang botol minum buat jaga-jaga kehausan. Saya didaulat jadi penunjuk arah (lebih tepatnya mendaulat diri) dan memegang peta. Pas perempatan pertama, untuk jaga-jaga jangan nyasar, saya nanya orang. Ternyata arah yang ditunjukkan sesuai dengan hasil penangkapan saya pada peta. Saya pun pede. Jago juga saya baca peta, pikir saya. Perempatan kedua, kembali nanya, dan lagi-lagi tepat. Masih gak nyasar. Perempatan selanjutnya, saya gak nanya, karena sudah pede. Sampai ke perempatan berikutnya dan berikutnya dan berikutnya lagi (lupa ada berapa). 20 menit kemudian dari awal perjalanan, Adik saya bersuara. “Kakak, kok kita balik lagi ke jalan yang tadi?”

Sampel 3:

Saya mau ke Pacitan dari Jogja sama hunny. Hunny nyetir, saya disuruh baca peta lewat google mapnya android. Awalnya saya bingung, tapi setelah memutar-mutar handset tersebut, saya ngerti juga cara baca petanya gimana. Pas di perempatan, hunny nanya beloknya kemana. Saya dengan pede menjawab kanan sementara tangan saya menunjuk ke kiri. Hunny pun belok ke kiri. (dia sudah paham kalau saya bilang belok kanan itu berarti harus ke kiri. Otak sama mulut suka gak sinkron, hehehe).

Sampel 4:

Kalau yang ini, si hunny nih yang sotoy. Ceritanya dia bangga sekali dengan google map androidnya kami sukses travelling ke Pacitan tanpa nyasar. Pada kesempatan yang lain, saat pulang ke Jogja dari Semarang, kami sempat tertahan di Jumoyo, Magelang karena banjir lahar dingin. Akibat jembatan ambles, kita gak bisa lagi lewat jalan biasa sampai harus memutar lewat Purworejo. Hunny ogah, alasannya super jauh. Berbekal handset android, kita puter2 nyari jalan alternatif. Walau sebenarnya gak menghemat waktu juga (kalau lewat Purworejo pasti jatohnya sama aja, malah mungkin bisa lebih cepet).

Singkat cerita, sampailah kita di Wates (semoga saya gak salah, emang beneran Wates kan hun?). Dari rumah kita di Jogja, itu sudah deket banget, paling sejam gak nyampe. Mengingat 4 jam lebih waktu yang sudah kita lalui dari Magelang ke Jogja. Tapi dasar hunny, semangat sok petualangnya gak abis-abis. Disuruhlah saya cari jalan alternatif via Android. Pikirnya, kalau jalan ini, semua orang juga lewat sini, rame juga. Cari yang beda gitu dong. Saya pusing, hunny utak-atik sendiri mapnya. Sampai ketemu jalan yang dia mau, saya cuma tinggal bilang belok kanan kirinya aja. Sambil sesekali kalau saya bingung, saya balikin tuh handset, biar dia nerjemahin sendiri.

Kita ikutin jalan berdasarkan petunjuk mbah Google Maps. Gak ada tanda-tanda kita nyasar. Semua nama jalan yang kita lalui cocok sama wangsit si Mbah. Dan sampailah kita di jembatan yang menurut mbah Google, selepas jembatan tinggal luruuus, sekali belok, nyampe jalan raya utama Jogja (maksudnya udah gak di Wates lagi). Ternyata oh ternyata, jembatan yang dimaksud adalah jembatan gantung, yang emang sih muat buat dua motor (itu pun kayanya sambil goyang-goyang), dan saya yakin kalau ada mobil berani lewat situ pasti terjun bebas ke sungai dengan sukses. Mana waktu itu aliran air lagi deras-derasnya. Kita pandang-pandangan, hunny akhirnya puter balik. And it was a dead road, kita mesti balik lagi jauuuuuuhhhhh ke jalan utama semula, dan menempuh jalan selayaknya pengendara lainnya ke Jogja.

Moral of the story is: Google Maps gak pernah salah. Kita aja yang terlalu lugu bahwa jalan yang ditampilkan di Google itu muat dan layak buat mobil lewat. Tapi hunny tetep aja ngebelain si Mbah. Dia bilang, salah saya karena nggak nge-zoom. Bah! Yang megang HP siapa pulak!

No comments: