Wednesday, April 16, 2008

ikhlas

Segala yang terjadi dalam hidup benar-benar tak terduga, semua tak lain adalah kuasa Allah. Mati, hidup, jodoh, karir, pertemuan, perpisahan, semuanya. Hari ini mungkin masih tertawa-tawa dengan sahabat dekat, esoknya mendengar kabar dia di rumah sakit. Baru beberapa minggu lalu melihat suami istri berjalan bersama dengan akrabnya, hari ini mendengar mereka dalam proses perceraian. Beberapa kejadian akan membuat kita gembira, beberapa terkejut, beberapa sedih, beberapa hanya dianggap angin lalu saja. Satu hal yang pasti, Allah sudah mempersiapkan yang terbaik untuk kita.
Beberapa minggu belakangan, saya berada dalam mode stress yang lumayan hingga agak kehilangan semangat. Mungkin ayah saya menangkap gejala itu pada diri saya. Beberapa hari lalu kala Beliau menelepon, ada petuah yang Beliau sampaikan. Kurang lebih begini:
"Hidup itu harus ikhlas, segala sesuatu akan lebih mudah kalau dijalani dengan ikhlas. Kalau mendapat sesuatu ya diterima dengan ikhlas, kalau kehilangan sesuatu juga dilepaskan dengan ikhlas. Ingat saja, kalau jalan hidup itu Allah yang menentukan. Manusia harus berusaha, tapi kita bukanlah penentu segalanya. Apa yang kau dapatkan hari ini semuanya milikNya dan apa yang Dia gariskan padamu adalah yang terbaik menurutNya."
That, a very wise thought.
Entah karena saya mulai belajar untuk ikhlas, entah karena waktu mulai berlalu, tapi saya merasa lebih baik sekarang. Masalah akan selalu ada, kejutan tidak akan pernah hilang, namun hidup, harus dijalani dengan sebaik-baiknya.
Thanks anyway, Pa. I love you too..

No comments: